jpnn. com , BOGOR – Politikus PDI Perjuangan  Budiman Sudjatmiko mengutarakan, desa memiliki peranan penting pada menyelamatkan ekonomi bangsa ketika gawat akibat pandemi COVID-19.

“Indonesia unggul karena di daerah punya warisan tanah yang kaya dan iklim yang baik, ” ujar Budiman dalam webinar dengan digagas Dreya Communications dengan tema Strategi Hadapi Resesi Ekonomi, Prioritas Dibangun Desa atau Kota, Minggu.

Menurut Bijaksana yang juga Ketua Umum Inovator 4. 0 Indonesia itu, infrastruktur desa harus terus ditingkatkan, lupa satunya melalui dana desa jadi stimulus padat karya tunai dengan bertujuan menjaga produktivitas.

Baca Juga:

Pasalnya, zaman ini lebih dari 75 persen penduduk berada di perdesaan.

Karena itu, Bijaksana menilai bahwa di masa depan tidak lagi terletak di praja, karena kota ke depan hanya menjadi penyedia jasa. Tapi, was-was aktivitas produksi ada di desa-desa.

“Di situ perlu ada kolaborasi semua stakeholders, terutama pemerintah dan swasta jadi pilar perekonomian nasional, ” perkataan Budiman.

Menyuarakan Juga:

Budiman sependapat secara pembicara lainnya bahwa perangkat daerah layak menjadi sumber daya pribadi (SDM) unggul dan memiliki daya saing tinggi.

Karena itu, dia mengajak seluruh pihak memajukan warga desa, terutama memberi pelatihan, baik dengan pelajaran formal atau informal.