jpnn. com , JAKARTA kepala Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan lebat akan turun di sebagian wilayah Indonesia pada akhir tahun, mulai dari 28 sampai 31 Desember 2020.

“Hujan lebat dapat terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua, ” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis BMKG yang diterima di Jakarta, Jumat (25/12).

BMKG juga memprakirakan hujan lebat dengan curah hujan 50 sampai 100 mm per hari berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Sedang, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua pada 25 sampai 27 Desember 2020.

Baca Juga:

Ramalan cuaca dari BMKG, hingga menjelang akhir Desember 2020 sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) pada wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

BMKG mengimbau pemerintah pusat dan kawasan serta warga di daerah dengan potensi curah hujan tinggi mematok sangat tinggi mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir serta tanah longsor.

“Diminta terus memonitor informasi kemajuan cuaca dan peringatan dini daripada BMKG, ” kata Guswanto.

Baca Juga:

Patuh prakiraan BMKG, pada 24 datang 27 Desember 2020 gelombang laut dengan tinggi 2, 5 sampai 4 meter berpeluang terjadi dalam perairan barat Kepulauan Mentawai-Enggano, selat barat Lampung, Selat Sunda arah selatan, perairan selatan Jawa, hingga Pulau Sumbawa. (antara/jpnn)

Menyimak! Video Pilihan Redaksi: