jpnn. com , WELLINGTON kacau Warga negara Indonesia di Selandia Baru (New Zealand) memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dengan menggelar upacara pengibaran Sang Dwiwarna, Senin (17/8).

Upacara pengibaran bendera tersebut digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington. Duta Besar RI buat New Zealand Tantowi Yahya menyelenggarakan langsung upacara dengan jumlah pengikut terbatas itu.

Menurut Tantowi, perayaan HUT Kemerdekaan RI di Selandia Baru kesempatan ini digelar secara sederhana. Pelaksanaan upacara yang dilanjutkan tasyakuran itu pula disertai penerapan protokol kesehatan buat mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga:

“Sesuai patokan dari pemerintah Selandia Baru, tersedia pembatasan 100 peserta yang mengikuti jalannya acara dengan menggunakan masker, mejaga jarak dan melakukan contact tracing , ” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington.

Karena jumlah peserta upacara dan tasyakuran harus dibatasi, KBRI Wellington lantas menyiarkannya melalui YouTube. Dengan demikian warga negara Indonesia (WNI) di Selandia Baru yang tak bisa hadir langsung di KBRI Wellington tetap bisa mengikutinya dengan virtual.

Cuaca Cerah, Gapura & Warga Maori Semarakkan HUT RI di Negeri Kiwi
Masyarakat Indonesia di Selandia Baru berpose bersama-sama di depan gapura masuk KBRI Wellington, Senin (17/8). Foto: KBRI Wellington

Baca Juga:

Mantan pimpinan Komisi Pertahanan dan Luar Kampung DPR itu menjelaskan, cuaca Wellington sedang cerah dan tak berangin saat KBRI mengelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi. Biasanya, Agustus pada Negeri Kiwi itu selalu lega dan berangin.

“Menurut staf lokal KBRI di sini, baru kali ini selama 25 tahun upacara bendera dilaksanakan dalam bawah siraman matahari, ” cakap Tantowi.