jpnn. com , JAKARTA semrawut Tak hanya di Indonesia servis perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sempat tutup karena pandemi covid-19, tetapi di berbagai negara asing juga mengalami hal yang serupa salah satunya ialah Inggris.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/6), ada sekitar satu, 4 juta pengendara yang harus memperpanjang masa berlaku SIM-nya. Dalam Inggris SIM berlaku selama 10 tahun yang bisa diperbarui pada setiap satu dekade.

Namun karena pandemi Corona ini, Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) memberikan dispensasi kepada pemegang SIM yang masa berlakukanya amblas di masa pandemi.

Baca Juga:

Dia mengatakan, bagi SIM yang mati jarang 1 Februari hingga 31 Agustus secara otomatis akan diberikan perpanjangan masa berlaku hingga 7 kamar.

Langkah tersebut dilakukan lantaran pihak DVLA kewalahan memproses permintaan warga.

“Perpanjangan ini akan memudahkan pengemudi yang perlu memperbarui SIM mereka. Ini berarti selama mereka memiliki SIM yang valid pengemudi akan dapat terus melakukan perjalanan penting, ” kata Chief Eksekutif DVLA Julie Lennard.

Baca Juga:

Dia menjelaskan, perpanjangan ini otomatis sehingga pengemudi tidak perlu melakukan apa-apa.

Nantinya setiap pemegang SIM akan diingatkan dengan dikirim surat pengingat untuk memperpanjang SIM sebelum ekstensi berakhir. (mg9/jpnn)