jpnn. com , JAKARTA kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencagarkan pandemi Covid-19 menjadi momentum pembaruan ekosistem pendidikan nasional.

Taat Jokowi, pandemi dengan segala dampaknya di setiap sendi kehidupan justru menyadarkan semua pihak akan pentingnya sumber daya manusia (SDM) melalaikan yang mampu bergerak dengan cara-cara luar biasa dalam beradaptasi menghadapi pengganggu sehingga unggul dalam persaingan.

Jokowi menyampaikan peristiwa tersebut saat meluncurkan program Lepas Belajar Episode 6 yang mengangkat tema Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi secara virtual, Selasa (3/11).

Baca Pula:

“Pandemi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperbaiki ekosistem pendidikan nasional, salah satunya perguruan tinggi, ” ujarnya, Selasa (3/11).

Presiden Ketujuh RI itu menambahkan, perguruan tinggi di era pertandingan saat ini perlu merelaksasi kurikulum dari yang sebelumnya bersifat aneh menjadi lebih fleksibel.

Sekolah tinggi, katanya, juga menetapkan membuka diri terhadap paradigma-paradigma gres dan cara-cara yang lebih responsif serta pendekatan-pendekatan dengan sudut pandang keilmuan yang lebih luas.

Baca Juga:

Kebijakan melanda key performance indicators (KPI) dosen, kalender prioritas sekolah tinggi beserta alokasi taksiran, infrastruktur, hingga berbagai SOP anyar juga harus segera dirumuskan.

“Demikian pula halnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berbagai standar normalitas baru harus dirumuskan, ” imbuh Jokowi.