jpnn. com , JAKARTA – Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA tarikh 2020 secara virtual resmi ditutup pada Jumat (16/10).

Tercatat, 898 peserta perwakilan dari 34 provinsi mengikuti kompetisi selama tiga hari pada sembilan bidang sains yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi.

Sebanyak 30 medali diperebutkan pada masing-masing bidang, terdiri lantaran lima medali emas, sepuluh bintang perak dan 15 medali perunggu.

Baca Pula:

Tahun ini selain penghargaan medali juga diberikan penghargaan-penghargaan lain.

Antara lain best theory, best observation, best petunjuk analysis, gagasan bisnis terbaik, tiruan perdagangan terbaik, tes multimedia terbaik, dan tes tertulis terbaik.

“Para pemenang KSN akan mewakili Indonesia di ajang olimpiade sains internasional sesuai bidang masing-masing setelah sebelumnya akan mendaftarkan pembinaan, ” kata Plt. Besar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pelajaran dan Kebudayaan, Asep Sukmayadi, di sambutannya.

Mengaji Juga:

Dia menjelaskan, seleksi KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai daripada tingkat provinsi hingga nasional dengan semuanya dilaksanakan secara daring.

KSN merupakan satu diantara dari rangkaian kompetisi dalam bulan Sains, Teknologi, Riset, dan Perubahan, yang juga meliputi penyelenggaraan Perlombaan Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI), Satria Data, Kontes Robot Terbang Nusantara (KRTI), Pagelaran Mahasiswa Nasional Bagian TIK (Gemnastik), dan lain sebagainya.