jpnn. com – Vanuatu adalah negeri kecil terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil di Besar Pasifik, sebelah timur Kesultanan Australia.

Penduduknya kira-kira 300 ribu orang, hidup sebagai suku-suku dengan mengandalkan pertanian dan hasil laut sebagai sumber mata pencaharian.

Selain Vanuatu, ada juga negeri kepulauan kecil yang cerai-berai di Pasifik, seperti Samoa, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon. Ada juga negara-negara kepulauan kecil yang masyhur sebagai tujuan wisata seperti Maladewa dan Fiji.

Baca Juga:

Vanuatu negara kecil dengan masuk kategori miskin. Negara kecil ini membuat Indonesia tidak nyaman berjalan pada diplomasi internasional. Dalam lima tahun terakhir sejak 2016 di forum Sidang Umum PBB, Vanuatu selalu menyoal rekor hak asasi manusia (HAM) Indonesia di Papua.

Tarikh ini pun Vanuatu menyelenggarakan hal yang sama. Wasit Umum tahun ini Kepala Jokowi diberi kesempatan untuk memberikan pidato. Hal ini sudah menjadi tradisi dalam PBB untuk memberi jalan kepada semua pemimpin negeri untuk memberikan pidatonya.

Di konvensi SU ini setiap negeri boleh berbicara mengenai apa saja.

Baca Juga:

Vanuatu mempergunakan kesempatan untuk mempersoalkan perlakuan Indonesia terhadap Papua.

Vanuatu menuduh pemerintah Indonesia melakukan pelanggaran HAM di Papua, dan mendesak pemerintah Nusantara untuk menghentikannya.