jpnn. possuindo , KARANGASEM – Warga Desa Badeg, Selat, Karangasem, Bali, dihebohkan dengan munculnya  fenomena mistis  / gaib di depan pelinggih Padmasana Pura Taman Sari.

Penampakan visual mirip kepala naga / ‘Naga Gombang’ yang tertangkap kamera  handphone  warga saat  ngayah  bersih-bersih di area depan pelinggih Padmasana itu bahkan juga diyakini sebagain masyarakat sebagai pertanda atau peringatan.

I Made Dwija Nurjaya, salah seorang pengayah pura menduga bahwa kejadian fenomena gaib itu tak lepas dari kondisi pura yang seolah “terabaikan”.

Baca Juga:

Apalagi menurutnya, penampakan fenomena visible gaib Naga Gombang terjadi pada pura memiliki hubungan erat dengan keberadaan 5 (Lima) pura tidak kecil yang ada di wilayah timur Pulau Bali (Karangasem) seperti, Pura Besakih, Pura Pasar Agung, Pura Silayukti (Mpu Kuturan), Pura Andakasa, dan Pura Lempuyang.

Bukti bahwa Pura Taman Sari punya peranan penting itu bukan saja karena Pura Taman Sari termasuk  Tri Kahyangan  bersama Pura Besakih dan Pura Suceder Agung.

Tetapi pura ini juga menjadi salah satu pura tua di Karangasem yang diperkirakan sudah ada sebelum tahun 1821 Masehi (seratus tahun silam) dan sempat hancur saat meletusnya Gunung Agung.

Baca Juga:

“Apalagi munculnya fenomena gaib “Naga Gombang”  itu berada tepat di depan pelinggih Padmasana.   Naga Gombang  atau naga yang memegang kura-kura  Bedhawangnala  yang kalau diartikan bisa menjadi tanda tentang kondisi keseimbangan alam atau bumi dan isinya” ujar pria yang akrab disapa Jro Mangku Dwija seperti dilansir Adnger zone Bali.

Kura-kura imbuh Jro Mangku Dwija diartikan sebagai lempeng bumi, dan kemudian lilitan badan naga mencengkeram atau melilit kura-kura diartikan sebagai pengikatnya.