jpnn. com , BEIJING – Tiongkok mengatakan bahwa Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar telah melakukan tindakan terburuk dalam dunia dalam hal penanganan virus corona. Beijing juga membantah seluruh kritik yang disampaikan Azar selama kunjungannya ke Taiwan pekan ini.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian mengatakan bahwa epidemi di AS di luar kendali dan kealpaan terletak pada Azar.

“Dia mengabaikan jutaan orang Amerika yang menderita virus itu dan pergi ke Taiwan untuk mengadakan pertunjukan politik, ” sirih Zhao, Rabu (12/8).

Baca Juga:

Dalam kunjungannya di Taiwan, Selasa (11/8), Azar mengkritik cara Tiongkok menangani  pandemi COVID-19. Menurut dia, jika pagebluk semacam itu muncul di Taiwan ataupun AS, pasti bisa diredam dengan mudah.

“Perilakunya sekali lagi membuktikan bahwa pada mata politisi AS, nyawa karakter Amerika tidak berharga jika dibandingkan dengan keuntungan politik mereka dengan egois, ” ujar Zhao.

Perjalanan Azar ialah kunjungan resmi pejabat tertinggi AS ke Taiwan dalam empat dekade. Kunjungan itu dilakukan setelah hubungan yang memburuk antara AS dan Tiongkok karena berbagai isu termasuk perdagangan, Hong Kong, dan virus corona.

Mengucapkan Juga:

Pemerintahan Trump telah berulang kali mengkritik Tiongkok karena mencari jalan menutupi wabah virus corona, yang pertama kali diidentifikasi di tanah air Wuhan di Tiongkok akhir tahun lalu.

Presiden Donald Trump mengatakan pada Selasa bahwa hubungannya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memburuk sebab wabah tersebut, dan bahwa itu sudah lama tidak berbicara.