jpnn. com , JAKARTA – Wakil Ketua  MPR MENODAI Fadel Muhammad meminta pemerintah benar-benar membantu pelaku usaha mikro mungil dan menengah (UMKM). Sebab, pelaku UMMK paling terdampak pandemi Covid-19.

“UMKM terkena buah paling besar dan cepat kelanjutan pandemi Covid-19. Karena itu UMKM perlu didorong karena ada ratusan juta pekerja di sektor itu. Dengan membantu UMKM pemerintah menyelamatkan dan memulihkan perekonomian nasional, khususnya menjaga stabilitas sektor keuangan, ” kata Fadel Muhammad dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Dia menuturkan provokasi yang diberikan pemerintah untuk menolong UMKM dan dunia usaha mengikuti pekerja sudah baik. Namun implementasi di lapangan perlu ditingkatkan. Apalagi, data riil stimulus yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan angka sebab pemerintah.

Baca Juga:

“Stimulus memang bahkan lama makin baik walaupun implementasinya masih lambat. Angka stimulus  (yang dibutuhkan) masih jauh lebih tinggi dari angka pemerintah. Jika UMKM tidak bergulir maka ekonomi bakal makin terpuruk dan makin penuh pekerja yang dirumahkan atau di-PHK, ” kata Menteri Kelautan & Perikanan (KKP) pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Untuk kembali pada situasi ekonomi sebelum merebaknya pandemi Covid-19, tinggi Fadel Muhammad, perlu dibutuhkan masa yang lama karena semua daerah terdampak pandemi.

“Itulah sebabnya dibutuhkan stimulus dengan lebih besar lagi untuk menjunjung bergulirnya UMKM, ” katanya.

Baca Juga:

Taat Fadel, pemerintah seharusnya lebih mendahulukan UMKM dibanding pengusaha besar karena UMKM merupakan penopang perekonomian nasional dan menyerap banyak tenaga kegiatan. Dengan membantu UMKM maka perekonomian akan membaik dan tingkat pengangguran akan berkurang.

“Di situlah seharusnya pemerintah menjalankan dengan benar relaksasi pinjaman bank dan relaksasi pajak sehingga UMKM dapat jalan dan tidak berlaku PHK permanen. Kalau UMKM dibantu maka pengangguran akan berkurang, ” tukasnya.